SEO

Cara kerja Search Engine Google

Oktober 04, 2016 zzz 1 Comments

 Cara kerja search engine
Hi dunia semua sobat dimana pun anda berada, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara kerja serach engine google. Di sini saya akan memakai Google sebagai contoh karena Google adalah mesin pencari yang paling terkenal saat ini. Ya tentunya kita perlu mengetahui cara kerja search engine Google: karna ini adalah mesin pencari yang paling umum dan paling terkenal menjadi target optimasi dari webmaster. Saya membuat ini menjadi sederhana mungkin karna artikel yang saya buat khusus untuk yang benar-benar masih baru didunia optimasi.

Pertama-tama anda harus mengetahui Google tidak sesederhana yang anda pikirkan. Jika anda memakai Google anda cukup memasukan kata kunci pencarian dan setelah itu anda akan mendapatkan hasil pencarian yang anda inginkan. Ya untuk mengumpulkan informasi yang berasal dari sebuah situs blog atau wesite, mesin pencari(search engine) akan melakukan 3 proses. 3 proses yang dilakukan mesin pencari(search engine) sebagai berikut:

 1. Proses Crawling(penyerapan)
Di dalam internet ini juga ada puluha triliunan halaman dan semuanya memuat dan pembahasan yang ada. Tujuan adanya search engine seperti Google yaitu adalah menyerapi sebanyak mungkin halaman-halaman ini dan dapat mengumpulkan data dari setiap halaman untuk dihidangkan kepada penggunanya

Pada proses crawling terdapat istilah spider. Spider berfungsi untuk mengumpulkan informasi mengenai situs blog atau website. Spider mengumpulkan informasi dari mulai link, struktur HTML, meta tag, judul, hingga konten teks. Spider dapat menyerapi situs blog atau website yang menggunakan atau memiliki file robots.txt.
Robot.txy. berisikan script, kemudian akan diterjemahkan oleh spider sebagai perintah untuk mengumpukan informasi-informasi yang disebutkan diatas. Dan robot.txt juga akan memudahkan spider untuk mengumpukan data.

Ada dua jenis robot yang dipergunakan dalam penyerapan ini. Robot yang pertama adalah Deepbot sedangkan yang lainnya disebut freshbot. Jika anda ingin lebih mengetahui bagaimana cara kerja googlebot ini meyerapi halaman-halaman website yang ada di internet, anda bisa membaca artikel di bawah ini:
Perbedaan Freshboy dan Deepbot Google

 2. Proses Indexing(pengindeksan)
Seringkali saya melihat pemula mengatakan bahwa dirinya hebat karena baru 3 hari websitenya sudah terindex. Tanpa bermaksud merusak kesenangan siapapun, saya harus mengatakan bahwa itu biasa saja dan terindex itu sama sekali tidak berarti halaman web mendapatkan rengking. Untuk mendapatkan rangking 5 besar di hasil pencarian Google bisa menjadi sebuah proses yang sangat panjang. Dan itu sebenarnya bergantung pada tingkat persaingan dari kata kunci yang anda incar

Setelah proses spider mengumpulkan semua informasi situs blog atau website, maka informasi tersebut akan disimpan pada database. Penyimpanan pada database ini menggunakan index yang mencantumkan alamat URLnya. Penyimpanan ini dilakukan secara berkala, untuk mempercepat proses pencarian


 3. Proses Searching

Semua database ini akan dinilai oleh yang namanya Algoritma Google Algoritma Googleada ratusan Algoritma di dalam sistem Google, namun yang paling terkenal ada 3, yaitu aAgoritma utama yang bernama Hummingbird dan Algoritma spam yang diberi nama Panda dan Pinguin
Pada proses yang terakhir searching dilakukan berdasarkan perintah pengguna mesin pencari(search engine). Pada saat pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci(keyword)yang dikehendaki, maka mesin pencari akan menampilkan database berdasarkan hasil proses indexing. Mesin pencari akan menampilkan judul, cuplikan artikel yang sesuai dengan kata kunci(keyword) beserta cuplikan URL tersebut.



You Might Also Like

1 komentar: